Header

Selasa, 26 April 2011

Apa Korelasinya Hud-Hud Dan Hadist Saba ?

Apa Korelasinya Penemuan Hud-Hud Dan Hadist Tentang Saba ?

1. Hadist Tentang Saba

"Seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW tentang Saba' Apakah Ia sesungguhnya? Apakah ia seorang laki-laki, atau wanita, atau nama sebuah negeri?. Rasulullah SAW menjawab, Ia adalah seorang laki-laki yang memiliki 10 anak, kemudian enam diantaranya mendiami Yaman dan empat diantaranya mendiami negeri Syam. Orang-orang yang mendiami Yaman adalah Mazhij, Kindah, Al-Azd, Al-Asy'aruyyun, Anmar dan Himyar, semuanya adalah bangsa Arab. Sedangkan orang-orang yang mendiami negeri Syam adalah Lakhm, Juz'am, Amilah dan Gassan" (Hadist Riwayat. Ahmad dan Hakim dan dia menyatakannya sahih)

2. Penemuan Hud-Hud
Tentang Negeri Saba.

[Surat 34 Ayat 15] Sesungguhnya bagi kaum Saba' ada tanda (kekuasaan Tuhan) di tempat kediaman mereka yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan di sebelah kiri. (kepada mereka dikatakan): "Makanlah olehmu dari rezki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun"

[Surat 27 Ayat 22] Maka tidak lama kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata: "Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba, suatu berita penting yang diyakini.

[Surat 27 Ayat 23] Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita yang memerintah mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar.

[Surat 27 Ayat 24] Aku mendapati dia dan kaumnya menyembah matahari, selain Allah; dan syaitan telah menjadikan mereka memandang indah perbuatan-perbuatan mereka lalu menghalangi mereka dari jalan (Allah), sehingga mereka tidak dapat petunjuk,

Apa ada Korelasinya ?

Tidak ada korelasi

1. Penjelasan hadist tentang seorang laki-laki dan 10 laki-laki anaknya.

2. Penjelasan Hud-Hud tentang suatu negeri yang dipimpin oleh seorang perempuan yang mempunyai singgasana (Ia adalah Ratu (perempuan))

Pertanyaannya apa alasannya negeri Saba ditempatkan di negeri Yaman ?

Tidak ada komentar: