Langsung ke konten utama

Ternyata Goerge Coedes Menulis Ada Diaspora Dari Nusantara Ke India Sebelum Datangnya Kelompok Aryan

Setelah Terjadi Bencana Tsunami Penduduk Nusantara berdiaspora ke seluruh Negeri


فَقَالُوا رَبَّنَا بَاعِدْ بَيْنَ أَسْفَارِنَا وَظَلَمُوا أَنفُسَهُمْ فَجَعَلْنَاهُمْ أَحَادِيثَ وَمَزَّقْنَاهُمْ كُلَّ مُمَزَّقٍ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّكُلِّ صَبَّارٍ شَكُورٍ ﴿١٩﴾

019. Maka mereka berkata: "Ya Tuhan kami JAUHKANLAH JARAK PERJALANAN KAMI", dan mereka menganiaya diri mereka sendiri; maka Kami jadikan mereka buah mulut dan Kami hancurkan mereka SEHANCUR-HANCURNYA. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi setiap orang yang sabar lagi bersyukur. (SABA: 19)


Apa kata tulisan George Coedes dalam bukunya Asia Tenggara Masa Hindu-Buddha : tentang hubungan India Belakang (Indochina dan Nusantara) dengan India sendiri
"Asia Tenggara Masa Hindu dan Budha"

“Ada sementara orang yang berpendapat bahwa satu atau beberapa gelombang kelompok etnis yang berasal dari Indochina atau dari kepulauan agaknya telah menyebar ke India sebelum kedatangan kelompok orang Aryan”

“Selama Jaman Perunggu yang kedua (di Eropa), Indochina telah masuk kawasan pengaruh suatu peradaban maritime yang mencakup Asia Tenggara dan Nusantara”

“Kiranya dapat dipertanyakan apakah “Jaman Perunggu” betul-betul pernah ada di India Belakang. Di kawasan ini.pemakaian batu bertahan lama sekali, dan besi muncul hampir bersamaan waktunya dengan perunggu. Sementara di China pada dinasti Han, dalam abad kedua SM, senjata masih terbuat dari perunggu dan bahwa besi baru saja diimport”

“maka terbuktilah bahwa sudah sejak jaman Prasejarah terdapat hubungan maritime antara India Belakang dengan India sendiri”

“Secara lebih khusus peradaban Jawa sebelum di Indianisasi terdapat kebudayaan materiilnya seperti: persawahan, pewarnaan kain dengan teknik batik, susunan orkes, gamelan, dan wayang kulit”

“Bahwa hubungan antara India dengan India Belakang sudah ada pada masa Prasejarah. Peninggalan-peninggalan arkeologi yang paling tua yang masih ada dari negeri-negeri itu tidak semestinya merupakan bekas-bekas dari gelombang pertama yang membawa peradaban India itu”.

“Jadi kedatangan orang India di Indochina dan di Nusantara tidak dapat dibandingkan dengan kedatangan orang Eropa di Amerika, karena di kawasan tersebut orang India bukanlah orang baru yang menemukan wilayah yang belum dikenal”.

“Orang India tidak menghadapi orang primitive di India Belakang yang tidak berkebudayaan sedikitpun, tetapi sebaliknya orang-orang yang sudah memiliki peradaban India pra Aryan”


(Ini membuktikan bahwa budaya kuno kita (Nusantara) sudah unggul di masa pra-sejarah)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terungkap Ternyata Burung Perkutut Sangat Dimistikkan

Perkutut Katuranggan

Saat ini yang dimaksud dengan perkutut katuranggan adalah jenis-jenis perkutut yang secara fisik berbeda dengan perkutut biasa dan juga perbedaan sifat dan saat burung tersebut berbunyi. Dipercaya bahwa perkutut katuranggan memiliki sifat-sifat gaib yang bisa membawa kebaikan untuk pemeliharanya. Namun ada juga perkutut yang memiliki sifat yang justru tidak baik untuk dipelihara. Istilah perkutut katuranggan konon berasal dari kata Katurangga yang akar katanya berasal dari bahasa Jawa dari kata KATUR (menyampaikan) dan ANGGA (badan). Jadi KATURANGGA adalah pengetahuan yang dalam mengartikan entuk bentuk badan burung perkutut. Bagi penggemar burung perkutut jaman dahulu, katuranggan sangat memegang peranan utama (selain bunyi suaranya) dalam memilih burung perkutut bakalan untuk dijadikan burung kesayangannya.
Menurut kepercayaan orang dahulu  (sejak beratus ratus tahun yang silam) terutama pada tradisi masyarakat Jawa, Perkutut Katuranggan sering disebut burung al…

 5 city names in the United States whose roots are from the Middle East

5 city names in the United States whose roots are from the Middle East
1.Bethlehem, New Hampshire, United State.
Screenshot of the Bethlehem Area of the United States (source : Al Arabiya English) We can't differentiate betwen Bethlehem in Palestinaand Bethlehem in The United State, the two city names are the same, but the history of ancient and classical city tell us that Bethlehem was built as the holy city in the Middle East, and the name of Bethlehem is famous in United State after many saints brought the name of Bethlehem in their hearts to a hopeful country, the United States
Below is a photo of old city from a local guide

2. Mecca, California The United State

The Great Mosques at Jakarta Indonesia On Google Maps (first series)

The Great Mosques at Jakarta Indonesia


The locations of major mosque points in Jakarta on google maps 1.  Al-Azhar Mosque Al-Azhar Great Mosque is a mosque located in the Al-Azhar school complex, Kebayoran Baru, South Jakarta. The mosque was inaugurated by the DKI Jakarta Regional Government as one of the 18 sites on the history of the development of the city of Jakarta.
Address : Jl. Sisingamangaraja, Selong, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110


Masjid Al Azhar

2. Istiqlal Mosque Istiqlal Mosque is the national mosque of the Republic of Indonesia which is located in the former Wilhelmina Park, in the Northeast Medan Merdeka Square which in the middle stands the National Monument, in the center of the capital Jakarta. Across the East this mosque stands the Jakarta Cathedral Church.
Address :
Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kec. Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710