Header

Senin, 11 April 2011

Wisata Candi Boqo

Wisata Candi Boqo

Jika Anda sedang bertamasya ke Candi Prambanan, tidak ada salahnya Anda mampir ke Candi Boko. Candi Boko berada dikawasan wisata budaya, yang berjarak 3 km dari arah selatan kompleks candi prambanan. Situs Candi Boko ini masuk dalam kecamatan prambanan, kabupaten sleman Yogyakarta. Anda dapat kesana dengan sarana angkutan apa saja, jika Anda mengendarai kendaraan bermotor dari arah pusat kota Yogyakarta akan menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit.

Situs Candi Boko ini sangat indah, karena situs ini terletak diatas bukit. Dan kita dapat menikmati panorama alamnya yang cantik, situs ratu boko terletak diatas bukit pada ketinggian 195.97 meter, dengan luas sekitar 250.000 meter persegi, dipuncak bukit ini Anda dapat melihat pemandangan yang indah. Karena kita dapat melihat dengan jelas Gunung Merapi yang selalu mengeluarkan asap, yang terletak membelakangi Candi Prambanan dan Candi Sewu, tidak hanya itu diarah selatan Anda dapat melihat panorama keindahan perbukitan dengan penuh dengan warna bangunan candi.
Dalam Prasasti yang dikeluarkan oleh Rakai Panangkaran tahun 746 – 784 M, disebutkan bahwa Kraton Ratu Boko merupakan Abhayagiri Wihara atau vihara tempat para Bhiksu mencari kedaimaian. Namun yang menarik, selain peninggalan Budha, di Kraton Ratu Boko juga ditemukan benda-benda arkeologis peninggalan Hindu seperti lingga, yoni, arca durga, dan ganesha.

Tidak ada komentar: